in

Tutorial Menghemat Baterai Laptop Versi Windows 10

Menghemat Baterai Laptop

kidzarea.net – Jika kamu merupakan orang yang bekerja di depan laptop sepanjang sehari, pasti artikel ini pasti sangat penting buat kamu yang mau mengetahui cara menghemat baterai laptop supaya tidak cepat habis, khususnya buat kamu pengguna Windows 10. Nah, sebenarnya ada beberapa metode yang dapat kamu lakukan buat menghemat baterai laptop kamu. Mulai dari merendahkan tingkat kecerahan layar, sampai dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Berikut ini merupakan 11 cara untuk menghemat baterai laptop, khususnya buat kamu yang menggunakan laptop versi Windows 10.

11 Cara Menghemat Baterai Laptop Versi Windows 10

1.Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Salah satu fitur yang sangat memakan banyak baterai laptop ialah layar. Semakin terang layar pada laptop kamu, maka akan banyak juga baterai yang di gunakan. Jadi, salah satu cara terbaik buat menghemat baterai laptop ialah dengan cara merendahkan tingkat kecerahan layar. Tidak hanya menghemat baterai, ini juga akan membuat mata kamu senantiasa sehat serta tidak gampang lelah pada saat memakai laptop.

2. Aktifkan Fitur “Battery Saver Fashion”

Windows 10 telah di lengkapi fitur spesial buat menghemat baterai, nama fitur tersebut adalah “Battery Saver Fashion”. Sama seperti namanya, fitur ini akan menghemat pemakaian baterai di laptop kamu. cara mengaktifkannya ialah dengan cara membuka Action Center, kemudian kamu klik tombol “Battery saver”.

3. “Sleep” Saat Laptop Tidak Digunakan

Buat kamu yang setiap hari bekerja memakai laptop, tentu kamu akan kerap sewaktu-waktu pergi meninggalkan laptop? Entah itu untuk istirahat, makan, maupun hanya sekedar ngopi. Nah, dari pada membiarkan laptop kamu menyala terus, lebih baik laptop kamu di sleep saja. Cara ini teruji jitu untukmenghemat baterai laptop kamu loh.

4. Untuk Menghemat Baterai Laptop Harus Memakai SSD

SSD memakai lebih sedikit energi di banding HDD. Jadi, bila kamu mau laptop lebih hemat baterai, maka gantilah HDD yang di pakai menjadi SSD. Karna SSD tidak memakai fitur bergerak yang boros baterai semacam HDD.

5. Ubah Jaringan Wi-Fi

Pemakaian jaringan Wi-Fi nyatanya berdampak pada pemakaian baterai laptop. Contohnya, kamu memakai koneksi 2.4 GHz supaya kamu dapat menghemat baterai laptop. Jadi, coba cek router yang kamu pakai.

6. Matikan Sinar Keyboard( Backlit)

Sinar yang terdapat di keyboard bisa buat nampak keren. Tetapi itu akan memakan energi laptop kamu. Bila kamu lagi memakai laptop di tempat dengan pencahayaan yang lumayan, lebih baik kamu matikan saja sinar keyboard kamu. Ini lumayan baik buat menghemat baterai laptop kamu. Dengan begitu kamu dapat memakai laptop sedikit lebih lama.

7. Pakai High-Contrast Theme

High-Contrast Theme akan membuat tampilan laptop kamu jadi kurang baik. Tetapi, tema ini hanya memerlukan sedikit energi, jadi sangat efisien buat mengirit baterai laptop. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengaktifkan High-Contrast Theme di Windows 10:

  • Buka menu Settings
  • Appearance and Personalization
  • Change the Theme
  • Kemudian pilih High Contras 1 ataupun 2.

Sebagian aplikasi semacam Edge serta Firefox akan membiasakan dirinya dengan High Contrast Theme. Buat kamu pengguna Chrome, nanti akan terdapat notifikasi untuk mendownload ekstensi High-Contrast, jadi tampilan Chrome akan serasi dengan tema Windows 10 yang lagi di gunakan.

8. Aktifkan “Airplane Fashion” Untuk Menghemat Baterai Laptop

Bersyukurlah kamu karna Microsoft sudah membuat fitur yang bernama “Airplane Fashion” di Windows 10. Bila fitur ini di aktifkan, maka sebagian fitur lain semacam Bluetooth serta Wi-Fi akan di nonaktifkan. Makanya, “Airplane Fashion” sangat efisien. Dan cara untuk mengaktifkannya ialah dengan mengklik menu “Airplane Fashion” yang terdapat di Action Center.

9. Copot Fitur Yang Tersambung Ketika Tidak Digunakan, Semacam Flashdisk, HDD, Serta Yang Lainnya

Tahukah kamu jika fitur yang tersambung ke laptop dapat berdampak pada borosnya baterai? Contohnya ialah HDD eksternal. HDD eksternal akan memerlukan energi buat memakainya. Maka itu akan membuat baterai pada laptop kamu cepat boros. Nah, apabila kamu tidak lagi memakai fitur eksternal yang tersambung, lebih baik kamu di copot saja.

10. Batasi Program Yang Berjalan di Latar Belakang

Bila kamu menginstal banyak aplikasi di Windows 10, maka kemungkinan besar akan terdapat sebagian di antara mereka yang berjalan di latar belakang secara otomatis. Nah, sebaiknya kamu menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, terutama bila mereka tidak digunakan. Caranya ialah dengan membuka Task Manager Startup. Setelah itu akan muncul aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pilih aplikasi yang mau kamu nonaktifkan, setelah itu klik “Disable”.

11. Nonaktifkan Antivirus Untuk Menghemat Baterai Laptop

Memasang program antivirus memanglah bagus. Karna program ini akan secara berkala memindai pc kamu supaya senantiasa “bersih” dari dari virus. Tetapi, prinsip antivirus ini sama dengan program yang lain yang pula berjalan di latar belakang, program ini memakan lumayan banyak baterai. Bila kamu mau supaya laptop lebih awet baterainya, kamu dapat menonaktifkan program antivirus.

Kesimpulan

Nah, itu dia tadi 11 cara menghemat baterai laptop yang memakai laptop versi Windows 10. 11 langkah-langkah di atas sangat berguna buat kamu, terutama jika laptop itu merupakan keperluan utama kamu dalam bekerja. Dengan begitu kamu dapat bekerja lebih lama memakai laptop kesayangan kamu. Sekian langkah-langkah yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat buat kamu yah.

Windows 10

Cara Mengganti Password Pada Windows 10

command prompt

Cara Cepat Mengatasi Command Prompt Yang Tidak Bisa Dibuka